Minggu, 30 Juni 2013

KOMPLEK CANDI HINDU DI JAWA TENGAH

1.      Candi Gunung Wukir
Pada candi induknya terdapat lingga dan yoni sebagai kekuatan magis kerajaan Mataram. Di muka candi terdapat candi yang didirikan  Sanjaya karena berhubungan dengan Prasasti Canggal tahun 732 M. candi ini sekarang telah rusak, tinggal reruntuhan.
2.      Kompleks Candi Dieng
Didirikan oleh Wangsa sanjaya waktu terdesak Wangsa Syailendra. Nama candi seperti nama wayang, yaitu: candi Nhima, Gatut Kaca, Punto Dewo, Sembodro, Srikandi, Arjuno, Semar, dan lain-lain. Candi di Dieng pada umumnya kecil dan hanya memiliki satu ruangan. Isi ruangan sudah kosong.
3.      Candi Selogriyo
Mungkin nama itu dari Ciwa grha artinya Candi Syiwa. Pada setiap sudut alas kaki candi didapatipeti yang berisi kepingan emas, perunggu akik, padi, jewawut, pala, cengkih, bunga, dan daun pisang sebagai pembungkus serta tulang.
4.      Candi Pringapus
Juga terdapatcandi di dalamnya.
5.      Candi Gedongsongo
Merupakan kompleks percandian dan menfhadap ke barat, kiranya didirikan oleh Dinasti Senjaya.
6.      Candi Perot dan Candi Argopuro
Candi Perot didirikan oleh Pikatan dan Candi Argopuro oleh Rakai Kayuwangi.
7.      Candi Ijo
Susunannya rebah ke belakang dan menghadap ke barat.  Jadi, bertope Jawa Timur, terdapat arca Agastya dan Ganeca yang besar.
8.      Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan kompleks percandian yang terdiri dari 240 buah dan merupakan percandian Negara. Kita mengetahui reruntuhan candi di Prambanan berkat catatan dari C.A. lion Tahun 1887 renovai mulaidilakukan oleh Yzerman,kemudian dilanjutkan oleh J. groeneman, Ir. Van Erp, De Han, dan Ir. Van Romondt.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar