Sabtu, 29 Juni 2013

Kegunaan Sejarah


Kegunaan Sejarah

      Pada kerhidupan individu, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sejarah memiliki arti yang sangat penting dalam menata kehidupan.Seperti yang dikatakan Bung Karno “untuk menjadi bangsa yang besar, kokoh, dan kuat hendaknya kita harus selalu menggunakan Jas Merah’’ artinya jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.

Adapun kegunaan atau manfaat Sejarah adalah:
1.      Manfaat edukatif dan instruktif
Sejarah memberikan pelajaran dan pengajaran yang berharga. Sejarah memuat kebijaksanaan atau kearifan hidup. Melalui sejarah kita belajar bagaimana manusia masa lampau mengarungi hidupnya. Di sini kita sekaligus belajar bagaimana kita harus bertindak terhadap pengalaman yang sedang dan akan kita hadapi. 
2.      Manfaat inspiratif
Sejarah menjadi bahan yang berharga tempat kita bercermin dan melihat hal ihwan masa lalu, agar selanjutnya kita kita dapat menarik hikmah untuk mengambil suatu tindakan baru. Di sini amat kentara sejarah dapat berguna sebagai bahan introspeksi.
3.      Manfaat rekreatif
Sejarah dapat menumbuhkan cita rasa estetika dalam bentuk karya seni dan sastra. Di sini sejarah seolah menjalankan fungsi katarsis (penjernihan atau penyegaran batin). Dengan melihat serta menikmati keindahan atau keunikan benda-benda kuno, batin kita seolah dibebaskan dari beban rutinitas yang menekan. Cobalah anda rasakan saat menikmati keindahan Candi Borobudur, misalnya. Di samping itu benda-benda bersejarah juga dapat dijadikan objek yang berharga sebagai tempat hiburan yang bisa mendatangkan keuntungan ekonomis. Contohnya, museum dan bangunan-bangunan kuno dipelihara kelestariannya dalam rangka menunjang sektor pariwisata.
Dengan demikian, jika kita belajar sejarah akan menjadikan kita sebagai orang yang bijaksana yang memiliki karakter sikap, seperti:
1.      Dapat bergaul dengan orang
2.      Cinta tanah air, cinta damai, dan mengutamakan persatuan bangsa.
3.      Menyenangi ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.      Disiplin menghargai waktu.
5.      Suka bekerja keras.
6.      Memiliki keterampilan tinggi.
7.      Demokratis
8.   Tidak mudah menyerah ( tangguh )

1 komentar: