Senin, 01 Juli 2013

RESPON BANGSA INDONESIA TERHADAP GLOBALISASI


Respon masyarakat Indonesia terhadap perubahan Dunia ke arah globalisasi bidang teknologi
Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu modal terpenting dalam membangun suatu negara, seingga pihak pemerintah maupun swasta berupaya mengembangkan teknologi yang sesuai bagi pembangunan bangsa dan negara. Untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat global, pemerintah Indonesia mendirikan beberapa lembaga penelitian seperti,
1.      BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional)
2.      LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)
3.      Bakorsurtanal (Badan Koordinasi Survei Dan Pemetaan Nasional)
4.      LAPAN (Lembaga Penerbagngan Dan Antartika Nasional)
5.      BPPT (Badan Pengkaji Dan Penerapan Teknologi)
Dengan adanya lembaga-lembaga penelitian tersebut, banyak dihasilkan penemuan-penemuan penting, seperti di sektor pertanian, kelautan dan kebumian, tenaga nuklir, kesehatan, informatika, manufaktur, serta energi yang dimanfaatkan untuk pengembangan industri maupun untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
Untuk menghadapi era globalisasi, teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan mengolah kekayaan alam agar dapat meningkatkan industrialisasi Indonesia. Hal itu dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu,
1.      Berbagai limbah industri dapat diolah dan dikembangkan menjadi bahan yang bermanfaat, seperti diolah menjadi pupuk kompos dan menjadi gas bio yang dapat digunakan untuk tenaga penggerak, memasak, dn penerangan.
2.      Sistem teknologi dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah lingkungan, seperti pencemaran lingkungan, mengatasi kerusakan lingkungan, dan pengolahan limbah.
3.      Teknologi harus dapat mengatasi permasalahan-permasalahan sosial dan ekonomi dengan memanfaatkan bioteknologi dan bidang pertanian.
4.      Teknologi harus dapat mengolah lautan dengan segala sumber dayanya, seperti pemanfaatan arus laut, tenaga ombak, angin laut, serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.
5.      Teknologi harus dapat dimanfaatkan untuk segala potensi alam yang nonekonomis, seperti solar energi (energi matahari), energi angin dan energi yang dapat dikembangkan dari panas matahari yang terseimpan dalam air laut, serta pemanfaatan arus laut dan angin laut. Untuk itu, pemerintah Indonesia mengembangkan sistem detoksifikasi surya yaitu sistem pengolahan air yang terkontaminasi limbah industri dengan memanfaatkan panas sinar matahari.
Globalisasi merupakan perkembangan masyarakat di dubnia tanpa ada batas sehingga tercipta penyatuan masyarakat yang saling tergantung antara satu dan yang lain. Era globalisasi ditandai dengan adanya persaingan bebas dan perdagangan bebas, sehingga mereka yang kuat dan mampu bersaing akan mendapatkan keuntungan yang besat. Dalam era globalisasi, ada tiga bidang yang dapat mengalami oerubahan secara global, yaitu globalisasi ekonomi, globalisasi politik dan globalisasi budaya.
Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan rakyat Indonesia dalam menghadapi globalisasi tersebut yaitu,
1.       Globalisasi Ekonomi
Untuk menghadapi globalisasi ekonomi, dapat dilakukan dengan cara menjalin kerja sama ekonomi, baik secara bilateral, regional, dan internasional. Sebab dalam era globalisasi ditandai dengan sistem perdagangan dan pasar bebas, sehingga kerja sama ekonomi harus dikuti oleh setiap negara yang ingin maju dan terlibat dalam tatanan baru ekonomi dunia.
2.       Globalisasi Politik
Untuk menghadapi globalisasi politik, dapat dilakukan dengan cara menjalin kerja sama politik baik secara bilateral, regional, dan internasional seperti OKI, ASEAN, PBB dan GNB. Sebab melalui kerja sama politik tersebut, dapat melahirkan keputusan-keputusan politik yang menjadi dasar terwujudnya perjanjian perdagangan bebas dan pasar bebas.
3.       Globalisasi Budaya
Untuk menghadapi globalisasi budaya, dapat dilakukan dengan menyeleksi pengaruh budaya luar yang masuk ke Indonesia. Bagi unsur budaya yang sesuai dengan budaya asli dipakai sedangkan yang bertentangan dengan budaya asli Indonesia dihilangkan. Media komunikasi baik itu melalui media massa, televisi, dan radio, merupakan sarana yang paling mudah dalam menyebarkan perilaku global.
Perkembangan teknologi di Indonesia ke arah globalisasi mendapat respon positif dan negatif. Perkembangan teknologi tersebut di satu sisi dapat membawa kemajuan bagi masyarakat Indonesia, akan tetapi di sisi lain mereka khawatir dengan dampak yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi tersebut. Ada beberapa hal yang menjadi keuntungan dan kelemahan perkembangan teknologi ke arah gkibalisasi yaitu ,
1.       Keuntungan:
  1. Segala aktivitas manusia menjadi lebih efektif dan efisien.
  2. Perdagangan dan perindustrian maju pesat.
  3. Sistem transportasi dan komunikasi berkembang pesat.
  4. Tercipta integrasi bangsa.
  5. Adanya alam keterbukaan dan kebebasan sehingga masing-masing dapat menyuarakan haknya.
  6. Munculnya teknologi-teknologi modern yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat, seperti bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pencemaran lingkungan.
  7. Sistem perekonomian yang kuat dapat membawa kemajuan suatu bangsa.
2.       Kelemahan
  1. Munculnya sikap ketergantungan negara-negara berkembang pada negara-negara maju karena negara maju membuat segala peralatan yang menggunakan teknologi modern yang akan digunakan oleh negara-negara lain sehingga bersifat global. Hasil teknologi yang dimiliki oleh negara-negara maju menjadi tanda untuk menunjukkan eksistensi bangsanya. Karena negara berkembang tidak mampu mengikuti persaingan bebas, maka akan selalu bergantung pada negara maju.
  2. Munculnya homogenisasi akibat kemajuan teknologi komunikasi yang bersifat satu arah yang disebarkan melalui media massa, televisi, radio, serta saluran internet yang menyebabkan nilai budaya asli mengalami kemerosotan, bahkan ditinggalkan dan digantikan dengan nilai nilai budaya baru yang bersifat global dan modern.
  3. Munculnya keterbukaan dan integrasi menyebabkan batas-batas wilayah secara geografi tidak lagi menjadi permasalahan penting, sehingga tiap daerah tak ada batas. Hal tersebut menyebabkan perkembangan arus globalisasi dalam masyarakat tidak lagi dapat dikontrol dengan baik.
  4. Munculnya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi yang dibuat oleh manusia tetapi menimbulkan dampak berupa kerusakan lingkungan, seperti bahaya limbah industri, polusi udara,serta pencemaran air dan tanah.
  5. Munculnya budaya konsumtif yang disebabkan oleh adanya iklan-iklan yang ditayangkan di televisi, saluran internet, dan radio sehingga masyarakat memiliki ketertarikan yang tinggi untuk membeli barang-barang dagangan yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar