Senin, 01 Juli 2013

Kerajaan Kutai

         Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai terletak di Kalimantan Timur di tepi sungai Mahakam sumber sejarah kerajaan Kutai, yaitu di temukannya tujuh buah prasasti berbentuk Yupa yang di tulis dengan huruf pallawa dan bahasa sanskerta. Yupa adalah tugu batu peringatan yang digunakan untuk menambatkan hewan kurban sebenarnya Yupa merupakan peninggalan budaya megalitikum Bangsa Indonesia, yaitu menhir
      Dari isi prasasti dapat di ketahui bahwa raja pertama memerintah Kutai adalah Raja Kudungga. Setelah Raja kudungga wafat, tahta kerajaan di berikan secara turun temurun. Pemerintahan kerajaan kutai di gantikan oleh putranya, yaitu Aswawarman sebagai vamsakarta yaitu pembentuk keluarga(dinasti).
        Kutai mencapai kejayaan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Raja Mulawarman memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana di Waprakeswara(tempat untuk memuja dewa siwa), serta rakyatnya hidup tentram dan sejahtera. Berdasarkan hal tersebut, dapat di ketahui bahwa Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang cukup kaya. Kehidupan ekonomi rakyat Kutai berdasarkan pada pertanian dan peternakan. Disamping itu, kehidupan ekonominya berdasarkan perdagangan dengan memanfaatkan letaknya yang srategis berada di jalur pelayaran Selat Makasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar